ADA YANG BARU DI SEAWORLD ANCOL



Hiu, kata apa yang pas diungkapkan begitu kita mendengar nama hewan ini. Sebutan kata buas dan ganas pasti menjadi kata yang terbesit di pikiran kita. Tapi tahukah kamu kalo ternyata di dunia ini ada 470 spesies, 500 jenis hiu, banyak kan, dan ternyata dari sekian banyak spesies dan jenisnya ternyata hanya 32 jenis hiu saja yang tergolong ganas. Nah kira-kira kita bisa melihat hewan ganas ini dimana? Paling gampang kita bisa melihat hewan ganas ini ya di Seaworld  Ancol Jakarta.

Di Sea World Ancol terdapat 3 jenis hiu yang masuk kedalam jenis ganas antara lain Hammerhead Shark (hiu kepala martil) urutan ke 6 terganas di dunia , Blacktip Reef Shark ( Hiu Sirip Hitam) urutan ke 26 terganas di dunia dan Giant Nurse Shark (Hiu Buto) urutan ke 32 terganas di dunia. Ketiga jenis hiu tersebut bersama beberapa jenis lain seperti Leopard Shark dan Pari Barongsai dengan total berjumlah 25 ekor yang  berada dalam satu aquarium berkapasitas 900 meter kubik air bernama Shark Aquarium. Dan pada awal Oktober 2019 ini Seaworld  Ancol meluncurkan atraksi baru yakni Live Feeding Shark : Face to Face.

penyelam dengan Hammerhead Shark, sumber : dokumentasi pribadi

penyelam dengan Blacktip Reef Shark, sumber : dokumentasi pribadi

Live Feeding Shark : Face to Face adalah atraksi pertunjukan memberi makan hiu secara langsung tanpa adanya pembatas kerangkeng besi. Pada pertunjukan ini Seaworld  Ancol menghadirkan dua penyelam profesional yang mengenakan pakaian khusus yang dinamakan sharksuit.  Penyelam pertama bertugas memberi makan hiu dengan membawa tongkat besi dan seember ikan dengan berat antara 5-7 kilogram. Sedangkan penyelam kedua bertugas sebagai penyelam rescue untuk menjaga dan menanggulangi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan hiu kepada penyelam pertama.


penyelam dengan Pari Barongsai, sumber : dokumentasi pribadi

penyelam dengan Leopard Shark, sumber : dokumentasi pribadi

Sharksuit adalah pakaian khusus yang terbuat dari jalinan logam stailess steel dengan bobot sekitar 15 kilogram. Pakaian ini merupakan inovasi dari Seaworld  Ancol dan merupakan pakaian yang baru digunakan di dua negara yakni di Florida, Amerika Serikat dengantujuan penelitian dan di Seaworld Ancol sebagai exhibition. Pakaian khusus ini merupakan pengganti kerangkeng besi yang berfungsi melindungi penyelam dari gigitan hiu.

Pada peluncuran show ini VP Seaworld  & Ocean Dream Samudera Ancol, Rika Sudranto menuturkan bahwa pertunjukan ini merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan pertama juga di dunia. Lebih jelasnya beliau juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan menghadirkan pertunjukan ini bukan untuk menghadapkan hewan ganas dengan manusia melainkan mengedukasi para pengunjung untuk mengenal hiu dan bagaimana habitatnya serta memberikan informasi bahwa tidak semua hiu itu ganas dan menyerang manusia. Hewan ini dapat berdampingan dengan manusia asalkan tidak terprovokasi.

Rika Sudranto saat peluncuran Live Feeding Shark : Face to Face , sumber : dokumentasi pribadi


Kasus-kasus penyerangan hiu kepada manusia yang terjadi belakangan ini merupakan kasus kecil akibat dari hiu yang terprovokasi, contohnya adalah manusia yang memasuki habitat hiu. Beberapa kasus lain penyerangan hiu kepada manusia terjadi kepada peselancar yang dikira hiu sebagai singa laut.

Jika melihat kondisi sekarang yang terjadi adalah justru manusia lebih banyak menyerang hiu. Maraknya perburuan hiu menjadi indikasi, bahkan perburuan hiu muncul untuk memenuhi kebutuhan akan siripnya saja. Untuk mendapatkan siripnya manusia memburu hiu secara membabi buta sehingga membahayakan ekosistem dan kelangsungan hidup hiu.

Menanggapi kasus ini, melalui pertunjukan ini Seaworld  Ancol mengusung tagline : Are they the Danger? or Are We, Seaworld  Ancol ingin mengajak pengunjung untuk memahami hiu dan habitatnya, apa alasan hiu menyerang manusia dan mengapa hiu harus dilestarikan. Dengan melestarikan hiu kita secara tidak langsung menjaga ekosistem laut.

pertunjukan Live Feeding di Aquarium Utama , sumber : dokumentasi pribadi


Atraksi pertunjukan Live Feeding Shark ini dapat disaksikan satu kali setiap harinya pada pukul 14.30 WIB dan rencananya Seaworld  Ancol akan membuat pertunjukan ini sebagai pertunjukan permanen. Sehingga dapat menjadi media pembelajaran dan rekreasi baru di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.


0 Response to "ADA YANG BARU DI SEAWORLD ANCOL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel